Kamis, 20 Juni 2019

'Wajah Baru Jakarta', Malam Puncak Hari Ulang Tahun ke-492 DKI


PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta menyiapkan Malam Puncak HUT Ke-492 Kota Jakarta, Wajah Baru Jakarta, di Bundaran HI, Jakarta Pusat pada Sabtu (22/6) mendatang. Acara ini akan memadukan unsur tradisional Betawi dan kecanggihan teknologi. Perpaduan tersebut ditampilkan melalui tari tradisional, lagu dan kostum tradisional secara kolosal, serta pertunjukan video mapping, water screen, dan immersive.

Acara akan dibagi menjadi tiga babak, mulai dari Jakarta Tempo Doeloe, Jakarta Membangun, hingga Wajah Baru Jakarta. Acara ini dimeriahkan oleh penampilan Pasha, Kotak, Siti Badriah, dan Wali. Uniknya, para pengisi acara tersebut akan menyanyikan lagu-lagu Betawi, seperti Jali-Jali, Ondel-Ondel, dan Kicir-Kicir. Selain itu, para pengisi acara juga memakai pakaian adat Betawi, antara lain baju Abang-None dan baju Pitung.

Untuk kelancaran acara Malam Puncak HUT Ke-492 Kota Jakarta, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta akan menerapkan rekayasa lalu lintas selama dua hari, yakni pada saat Gladi Resik hari Jumat (21/6) dan pada saat Malam Puncak HUT Ke-492 Kota Jakarta hari Sabtu (22/6). Adapun penjelasan detail terkait rekayasa lalu lintas tersebut sebagai berikut:
a.    Gladi Resik Malam Puncak HUT Ke-492 Kota Jakarta (terlampir gambar 1)
1.    Penutupan Ruas Jalan:
-    Dilakukan penutupan sisi Utara Bundaran Hotel Indonesia (pukul 14.00 s.d 20.00);
-    Penutupan ruas Jl. Sutan Syahrir (05.00 s.d selesai)
2.    Pengalihan Arus Lalu Lintas:
-    Arus lalu lintas dari arah Sarinah yang akan belok kiri menuju Jl. Sutan Syahrir dialihkan lurus ke Jl. Imam Bonjol atau Jl. Sudirman;
-    Arus lalu lintas dari arah Jl. Kebon Kacang Raya yang akan lurus menuju Jl. Sutan Syahrir atau Putar Balik menuju Jl. Sudirman dialihkan belok kiri menuju Jl. M.H. Thamrin;
-    Arus lalu lintas dari arah Dukuh Atas yang akan belok kanan menuju Jl. Sutan Syahrir (Bundaran Hotel Indonesia) dialihkan lurus menuju Jl. M.H. Thamrin).

b.    Malam Puncak HUT Ke-492 Kota Jakarta (terlampir gambar 2)
1.    Penutupan Ruas Jalan:
-    Ruas Jl. M. H. Thamrin sisi Timur dan Barat (dari Simpang Sarinah s.d Bundaran Hotel Indonesia);
-    Ruas Jl. Jenderal Sudirman sisi Barat (dari Dukuh Atas s.d Bundaran Hotel Indonesia);
-    Ruas Jl. Imam Bonjol (dari Bundaran Hotel Indonesia s.d Simpang Jl. Agus Salim).
-    Dengan adanya penutupan ruas jalan ini, terdapat pengalihan jalan bagi bus Transjakarta Koridor 1 (informasi detail akan diberikan PT. Transjakarta)
2.    Pengalihan arus lalu lintas:
-    Arus lalu lintas dari arah Jl. Wahid Hasyim sisi Timur yang akan belok kiri menuju Jl. M.H. Thamrin dialihkan lurus ke Jl. Wahid Hasyim sisi Barat;
-    Arus lalu lintas dari Jl. Kebon Kacang Raya yang akan menuju Bundaran Hotel Indonesia diarahkan putar balik;
-    Arus lalu lintas dari Jl. Teluk Betung yang akan menuju Jl. Sudirman diarahkan putar balik;
-    Arus lalu lintas dari Jl. Imam Bonjol yang akan menuju Bundaran Hotel Indonesia dialihkan belok kiri menuju Jl. Pamekasan atau belok kanan menuju Jl. Agus Salim;
-    Arus lalu lintas dari arah Semanggi yang akan menuju Bundaran Hotel Indonesia dialihkan belok kiri (dukuh atas) menuju Jl. R.M. Margono Djodjohadikoesoemo.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko menyampaikan, pihaknya juga telah menyiapkan kantong parkir untuk acara Malam Puncak HUT Ke-492 Kota Jakarta, yaitu berlokasi di IRTI Monas, Park and Ride Thamrin 10, Jl. Imam Bonjol, dan Plaza Mandiri. “Kami mengimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu – rambu lalu lintas dan petunjuk petugas di lapangan, serta mengutamakan keselamatan di jalan,” ujar Sigit.

Perlu diketahui pula, Malam Puncak HUT Ke-492 Kota Jakarta, Wajah Baru Jakarta akan ditayangkan secara live streaming mulai pukul 19.40 – 20.00 WIB di portal detik.com dan CNNIndonesia.com; on air pukul 20.00 – 21 .00 WIB di Trans TV dan CNN Indonesia Transvision serta live streaming di portal detik.com dan CNNIndonesia.com; dilanjutkan dengan live streaming pukul 21.00 – 21.45 WIB di portal detik.com dan CNNIndonesia.com.






Sumber: Pusat Informasi dan Dokumentasi Pemprov DKI

0 komentar:

Posting Komentar