Jumat, 29 Desember 2017

Anak Zaman Now Coba Mainan Jadul dalam Kumpul Bocah Jatinegara Indah

Berkuda di komplek
Warga perumahan Jatinegara Indah, terkhusus RT08/RW09, punya cara tersendiri dan kreatif untuk manfaatkan liburan panjang akhir tahun. Kali ini, mereka menyelenggarakan acara “Kumpul Bocah” bagi anak-anak milenial sembari memperkenalkan berbagai permainan tradisional tempo dulu. 

Kegiatan dilaksanakan di lapangan Rinjani pada hari Sabtu, 30 Desember 2017 pagi. Puluhan anak-anak dengan riang gembira berpartisipasi dalam acara dengan mencoba beberapa jenis permainan, seperti egrang, engklek, gobak sodor, congklak, layangan dan berkuda. 

Mengapa kegiatan ini diadakan? 

Melalui permainan tradisional, para warga hendak mendidik anak-anak mereka untuk mencintai kehidupan lingkungan sekitarnya. Lingkungan perumahan akan menjadi  memori “kampung halaman” bagi anak-anak yang akan dibawa kemanapun mereka pergi nantinya ketika beranjak dewasa. Melalui kegiatan inilah orang tua zaman now berbagi dan mewariskan nilai-nilai luhur yang pernah mereka pelajari  ketika mereka masih anak-anak melalui permainan yang sederhana namun sarat makna. 


Berbagai permainan tradisional itu kaya dan sarat nilai seperti kerjasama, sportivitas, kejujuran dan keberanian. Sayangnya, nilai-nilai yang sekarang ini mulai pudar dan punah, tergerus arus zaman yang serba instan dan mendewakan materi. 

Tentu saja, bagi anak-anak, permainan itu tetap menarik karena selain baru, permainan tradisional itu menjadi semacam rehat sejenak dari game online di gawai atau HP yang biasa mereka mainkan. 

Sementara, bagi para orang tua, acara kreatif yang digagas dan dilaksanakan secara swadaya dan swamandiri ini juga menjadi sarana dan wahana untuk menjalin silaturahmi antarwarga.

Congklak 




engklek


antrean layangan

(Foto-foto: pak Muflih RT08/09)

0 komentar:

Posting Komentar