Kamis, 23 April 2015

Cara Mudah Bedakan Batu Akik Asli atau Palsu


Membeli batu akik tentu haruslah berhati-hati sekarang ini setelah demam batu akik merebak di mana-mana, dan batu akik bisa dijual hingga ratusan juta rupiah. Kita perlu lebih teliti sebelum membeli karena banyak beredar batu akik palsu.

Apalagi kalau penjualnya tidak jujur tentunya bisa saja menawarkan harga batu akik palsu dengan harga yang sangat mahal. Memang paling mudah jika  kita membeli batu akik sambil  mengajak teman-sahabat yang tahu seluk beluk  batu akik. Namun jika kita kesulitan mengajak teman yang mengerti batu, sedikitnya kita bisa melakukan beberapa tes (menurut beberapa teman pecinta batu akik) :

1. Batu akik asli biasanya lebih berat dibandingkan batu akik palsu

2. Kalau dibakar, tidak akan meninggalkan bekas dan cepat kembali dingin, berbeda dengan batu akik palsu yang akan meninggalkan bekas

3.Secara alami, batu akik asli itu lebih dingin suhunya dibandingkan dengan batu akik palsu/sintetis, caranya bisa ditempelkan di pipi kita, rasa dinginnya tentu berbeda.

4. Jika kita membenturkan batu akik yang aseli dengan batu akik yang aseli juga, biasanya akan terjadi percikan api kecil (bisa dites, dalam keadaan gelap).

5. Yang paling mudah dan ketika anda sudah yakin ingin membeli batu akik, tidak ada salahnya untuk mengujinya di laboratorium.

Sumber: Viva.co.id

0 komentar:

Posting Komentar