Jumat, 11 Januari 2019

Waspada Kekerasan Anak di JakTim, Ini 5 Pos Pengaduan Kasus

Pemerintah Kota Jakarta Timur telah membuka lima pos pengaduan bagi anak yang mengalami tindak kekerasan. 

Kelima pos tersebut berada di Rusun Tipar Cakung, RPTRA Pulo Gebang, RPTRA Cipinang Besar Selatan, RPTRA Kampung Pulo Asri, dan di RPTRA Ciracas Timur.

Kepala Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Timur Fetty Fatimah mengatakan, pihaknya sudah melakukan beberapa upaya preventif agar kekerasan anak di Jakarta Timur bisa ditekan. 

“Tujuan ditempatkannya lima pos itu adalah  agar kalau ada kejadian, pengaduannya dekat. Kalau ke Dinas kan terlalu jauh ya," ujar Fetty saat ditemui di kawasan Bidara Cina, Jakarta Timur, Jumat (11/1/2019). 

 "Di sana ada konselornya yang juga bisa melakukan pendampingan ke kecamatan di sekitarnya. Nanti tiga pendamping tugasnya berbeda. Pertama ada konselor, pendamping korban, dan para legal yang mengurus kasus hukumnya dari sarjana hukum," kata dia. 

Selain itu, pihaknya memiliki badan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) yang siap melakukan pendampingan psikologis bagi anak. 

"Kami sudah membentuk badan. Malah dulu P2TP2A ini berupa lembaga UPT dari 2 tahun lalu, di bawah Dinas PPAPP. Nanti akan ada pendampingan," lanjutnya. Ia pun berharap semua tempat bisa menjadi ramah anak. 

Meskipun kekerasan terhadap anak sering tak dapat dihindari. "Kami telah melakukan sosialisasi ini di RPTRA-RPTRA, bahwa kami menyampaikan tentang anak harus dilindungi. Kami ke sekolah-sekolah, jadi kami mengharapkan semua tempat ramah anak," tutup Fetty. 

Dalam waktu sepekan terakhir, dua kasus kekerasan anak terjadi di Jakarta Timur. Kasus yang pertama adalah seorang bayi perempuan dua tahun tewas setelah dianiaya dan dilempar dari ketinggian 1,5 meter di Gang Naserih, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (1/1/2019). Bayi yang diketahui berinisial AC ini tewas dianiaya oleh tetangganya sendiri yang memiliki gangguan jiwa. Ia sempat dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramatjati untuk mendapat perawatan medis. Namun, sayangnya nyawa anak tunggal dari pasangan Julia dan Zichamudin tersebut tak terselamatkan setelah sempat koma selama satu malam. 

Peristiwa kedua adalah tiga orang anak yang dimaki dan disentil berulang kali oleh tetangganya sendiri di Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur. 

Peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (6/1/2019) lalu, saat korban yang berinisial JUN tengah bermain bersama dua orang temannya, yaitu F (4) dan S (4) di depan rumah pelaku. Ketiganya kemudian melihat bunga berwarna merah muda yang halaman rumah pelaku. Mereka pun tertarik dan langsung memetiknya. "Saat memetik, ternyata dilihat pemilik rumah. Anak kami sudah mencoba mengembalikannya, namun malah disentil berkali-kali di muka dan telinga," ucap salah satu orangtua korban Siti Rohayati saat ditemui awak media, Rabu (9/1/2019). Dari kejadian tersebut, ketiga anak tersebut menjadi trauma hingga enggan untuk keluar rumah dan bermain seperti biasanya.



Sumber: kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar