Sabtu, 23 Desember 2017

Rembug RW Rukun Warga untuk Jaring Aspirasi Warga Jatinegara

Kelurahan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur baru-baru (Des. 21) ini menggelar sosialisasi Rembug Rukun Warga (RW) di Gedung Sasana Krida, Sekretariat Karang Taruna di Jl. Puskesmas RW003. Sosialisasi tersebut merupakan tindak lanjut Rembug RW tingkat wilayah Jakarta Timur  sebelumnya yang melibatkan 14 ketua RW, LMK, PKK dan perwakilan Karang Taruna. 
Menurut lurah Jatinegara, Dona Andria, Rembug RW merupakan tahapan menuju  perencanaan partisipatif warga di tingkat RW.
“Selain pembekalan kegiatan membahas pengidentifikasian permasalahan di tingkat Rukun Tetangga (RT), selanjutnya akan dilakukan pembahasan di tingkat RW untuk dilakukan penentuan prioritas usulan hingga ke tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kota dan Provinsi," kata Dona. 
Menurut Dona, warga hendaknya menyepakati prioritas kebutuhan di lingkungan RW, untuk perencanaan yang lebih baik tahun depan. 
"Harus dipahami bahwa apapun usulan yang disampaikan perlu dilengkapi dengan data lokasi, volume, satuan dan data pendukung lainnya," ujarnya. 
Dona menggarisbawahi usulan Rembug RW terait pembinaan keterampilan/kewirausahaan. 
“Usulan setidaknya mensinkronisasikan dari program Pak Gubernur, seperti di Jatinegara sudah kita siapkan dan nantinya akan kita usulkan sehingga karang taruna dapat lebih aktif dalam mengembangkan potensi yang mampu dihasilkan,” paparnya.
Sementara itu, Staf Perencanaan Kepala Suku Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Administrasi Jakarta Timur Muis Sudarmadi  mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 144 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019.
“Jadi, Kegiatan ini akan menjadi salah satu bahan perumusan prarancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kelurahan dan prarancangan awal RKPD Kecamatan,” ujarnya.
Alamsani selaku Ketua RW 006 Kelurahan Jatinegara mengungkapkan, pihaknya mendukung sosialisasi Rembuk RW ini.” Musrenbang sangat kita nantikan tentunya banyak usulan yang akan diajukan dengan ini kami sangat mendukung, tadi kita juga sudah melihat bagaimana cara teknis penginputan usulanya nantinnya akan kita coba saat rembuk RW dimulai ” tandasnya.

sumber: timur.jakarta.go.id

0 komentar:

Posting Komentar