Minggu, 12 Maret 2017

Mengenal Lebih Dekat: Mari Berinteraksi di RPTRA Jatinegara Pulojahe Cakung

RPTRA Jatinegara terletak di sebelah Rusun Pulo Jahe  GG Rawabuntu Jln Swadaya
Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Jatinegara yang berlokasi di RW 14, Cakung, Jakarta Timur hampir tidak pernah sepi pengunjung. Data buku tamu, bisa 50-100 pengunjung per hari.
Menurut Ketua Pengelola RPTRA Jatinegara Sunarti, mayoritas memang anak-anak. Yang pria biasanya memanfaatkan RPTRA untuk bermain futsal. Sedang wanita, membaca di perpustakaan, bermain lego, susun balok, catur, dan permainan lainnya.
“Nah, kalau pagi atau sore, banyak juga orang-orang dewasa. Para ibu yang ajak main anaknya atau lansia yang ingin santai-santai saja. Jadi, selalu ramai terlebih jika ada kegiatan seperti pertandingan futsal, olahraga SD, SMP, SMA, Paud, Posyandu, PKK, pengajian, penyuluhan dan acara pertemuan RT/RW,” tuturnya, Kamis (19/1/2017).
Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Penggilingan dan RPTRA Jatinegara, Kamis (12/5).
Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Jatinegara yang diresmikan pada 12 Mei 2016 oleh Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama ini berdiri di atas lahan seluas 1.200 meter persegi. Bersama RPTRA Jatinegara, diresmikan pula RPTRA Penggilingan di area Kompleks Aneka Elok RT 10/09, Penggilingan di lahan seluas 1.700 meter persegi.  
RPTRA Jatinegara buka mulai pukul 06.00-22.00 WIB. Namun, khusus Minggu, dari pukul 05.00-22.00 WIB.
RPTRA dilengkapi sejumlah fasilitas, seperti ayunan, ampli teater, lapangan futsal, perpustakaan, aula, ruang laktasi, dan PKK Mart.
Pemprov DKI membangun RPTRA untuk meningkatkan interaksi sosial antar warga. Dengan begitu, warga yang berada di wilayah itu bisa mengetahui kondisi tetangganya masing-masing.
"Kebanyakan terjadi selama ini, kumpulnya hanya saat banjir dan kebakaran, itupun tidak kenal nama. Warga kenalnya hanya di kiri kanan dan depannya. Sedangkan di belakang rumahnya tidak kenal," ujar Ahok saat peresmian RPTRA Jatinegara.
Selain RPTRA Jatinegara, Kepala Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Jakarta Timur Suharyanti mengatakan Pemprov DKI sudah menyiapkan anggaran Rp 30 miliar untuk membangun 20 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) anak lagi di wilayah Jakarta Timur.
“Saat ini, sudah ada 17 usulan lokasi. Berarti, tinggal mencari 3 lokasi lain. Dana dari APBD 2017,” tuturnya.
Menurut Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, bila itu terealisasi, Jakarta Timur akan memiliki 58 RPTRA pada akhir 2017.
“Sekarang kan, masih 38 RPTRA yang tersebar di 29 kelurahan. Nantinya, akan lebih banyak lagi. Sejatinya, RPTRA merupakan wadah untuk warga bermain dan berinteraksi,” pungkasnya. 

sumber: beritajakarta.com, infonitas.com

0 komentar:

Posting Komentar