Jumat, 18 Maret 2016

Satuan Keamanan JI Lakukan Latihan Damkar

Risiko kebakaran dapat terjadi kapan saja di kawasan pemukiman. Menurut data Dinas Pemadam Kebakaran DKI, lebih dari 75 persen penyebab sekitar 600 kejadian kebakaran di DKI setiap tahunnya adalah karena korsleting listrik selain karena kompor meledak dan penyebab lainnya.

Kesadaran dan kewaspadaan warga terhadap keamanan rumah mereka sendiri dari bahaya kebakaran memang perlu terus dipupuk. Ada beberapa tips sederhana. Misalnya, tidak meninggalkan seterika, pengering rambut, pemanas, kompor dalam kondisi menyala saat meninggalkan rumah. Atau, tidak  menumpuk colokan listrik dengan terlalu banyak peralatan elektronik untuk menghindari overload.

Yang terpenting saat terjadi kebakaran. Bagaimana penanganan dini supaya kebakaran bisa dipadamkan secepatnya sebelum menjadi besar, meluas dan menimbulkan kerugian yang lebih besar, dan bahkan korban jiwa.

Karena itu, penting senantiasa melatih teknik-teknik dasar penanganan kebakaran sebagai antisipasi terhadap bahaya kebakaran yang mungkin menimpa rumah warga, utamanya di Komplek Perumahan Jatinegara Indah.

Beberapa anggota satuan pengamanan JI  pada hari Sabtu, 19 Maret 2016, terlihat berlatih menggunakan berbagai alat pemadam kebakaran portabel dan juga simulasi pemadaman menggunakan alat sederhana untuk menangani kebakaran kecil seperti karung basah.


0 komentar:

Posting Komentar