Senin, 18 Mei 2015

Paling Rendah se-Jakarta, Nilai dan Indeks Tingkat Integritas Jakarta Timur dalam UN SMA 2015

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan hasil nilai dan Indeks Integritas UN (IIUN) tingkat SMA sederajat tahun 2015. IIUN merupakan tingkat persentase jawaban siswa yang tidak menunjukkan pola kecurangan. Semakin tinggi nilainya, semakin tinggi tingkat integritasnya.

Lima kota di Jakarta memiliki IIUN sebagai berikut, Jakarta Pusat 75,82, Jakarta Utara 75,55, Jakarta Barat 74,61, Jakarta Selatan 75,10, dan Jakarta Timur 71,52. Angka itu di atas rerata IIUN nasional yang mencapai 63,28.

"Kalau kita lihat, DKI Jakarta adalah contoh daerah yang memiliki tingkat IIUN dan capaian nilai UN yang tinggi pula," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, di Kantor Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (18/5/2015).

Anies mengakui, sekolah di Jakarta memiliki mutu yang sudah relatif baik. Selain Jakarta, ada pula daerah yang mutunya di bawah Jakarta namun memiliki nilai ujian dan indeks integritas yang tinggi. "Ada daerah yang standar mutu belum setinggi Jakarta, namun berhasil meraih pencapaian nilai UN dengan tingkat integritas tinggi pula, seperti Kalimantan Timur," ujarnya.

Namun hasil itu tidak terjadi di daerah Nusa Tenggara Timur, daerah itu memiliki tingkat indeks integritas tinggi namun pencapaian nilai ujian belum maksimal. "NTT sudah memiliki modal karena integritas tinggi, perbaikan dilakukan dengan meningkatkan pembinaan prestasi akademik," kata Anies. 

Sumber: metrotvnews.com

0 komentar:

Posting Komentar