Kamis, 29 Januari 2015

Tips Aman Tinggalkan Rumah Kosong

Tak baik memang meninggalkan rumah untuk waktu yang lama. Namun terkadang tidak terhindarkan karena acara keluarga atau penugasan ke luar kota atau mudik. Terkadang terselip kekhawatiran untuk meninggalkan rumah. Pasalnya, rumah kosong ketika hari raya seringkali menjadi incaran maling. 


Tapi, tak hanya maling yang perlu Anda antisipasi ketika meninggalkan rumah, namun juga keamanan listrik dan tabung gas kompor. Yang ditakutkan, kedua hal ini kerap menjadi penyebab kebakaran. Karena itu, sebelum Anda berangkat, ada baiknya mengikuti tips aman meninggalkan hunian ini:
  
1. Hindari hal-hal yang dapat menunjukan bahwa rumah Anda kosong agar tidak menarik perhatian si pencuri. Tindakan tersebut misalnya dengan meminta kepada agen koran untuk tidak mengirimkan koran selama Anda pergi atau meletakkan sandal atau sepatu di depan pintu rumah.


2. Jangan biarkan barang-barang berharga seperti uang tunai dan perhiasan diletakkan  di  lemari rumah. Sebaiknya uang dan perhiasan ditaruh di bank agar lebih aman.

3. Pastikan semua aliran listrik aman, dan tidak ada perangkat elektronik yang menyala  untuk menghindari arus pendek yang dapat mengakibatkan kebakaran. Yang diperlukan cukup menyalakan satu lampu untuk menghindarkan kesan rumah kosong. Jika Anda ingin mematikan aliran listrik, gunakan lampu otomatis yang dapat mati dan menyala sendiri dengan di-setting terlebih dahulu waktu yang diinginkan.

4. Matikan PAM, dan mencabut selang tabung gas kompor.

5. Laporlah kepada ketua RT/RW setempat tentang kepergian Anda. Berikan pula nomor telepon genggam yang bisa dihubungi. Apabila terjadi hal-hal darurat Anda akan mudah dihubungi. Titipkan rumah pada tetangga atau informasikan kepada petugas keamanan di lingkungan rumah.

6. Jika perlu, pasang alarm untuk mencegah masuknya pencuri ke rumah, atau pasang camera tersembunyi di titik tertentu seperti kamar tidur dan ruang keluarga selama Anda bepergian.

7. Pastikan semua pintu dan jendela terkunci sebelum meninggalkan rumah.
Semoga kita dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sumber: viva.co.id







0 komentar:

Posting Komentar