Minggu, 16 November 2014

Tips Menjadi Tetangga yang Baik


Ada pepatah, kita bisa memilih rumah yang kita inginkan, namun kita tidak dapat memilih dengan siapa kita akan bertetangga. Demikian pula, tinggal di perumahan tidak  berarti Anda tidak peduli dengan lingkungan di sekitar. Membangun relasi baik dengan tetangga penting sekali untuk membangun lingkungan yang nyaman..

Apakah Anda mengenal tetangga yang tinggal satu blok dengan Anda? Apakah Anda tahu apa pekerjaan mereka yang tinggal di sebelah Anda? Tak ada salahnya saling mengenal. Selain menambah kenalan, Anda juga bisa saling membantu dan saling menjaga karena sering kali tetangga lah orang terdekat rumah kala dibutuhkan, bukan saudara, teman atau sanak famili.

Agar hubungan Anda dan tetangga  selalu harmonis, jangan lupa untuk hidup dengan toleransi. Simak apa saja yang harus Anda perhatikan jika tinggal di perumahan.

#1. Cari waktu/kesempatan untuk memperkenalkan diri. Bila Anda baru tinggal di perumahan yang sudah cukup banyak dihuni, perkenalkan diri Anda setidaknya pada tetangga yang tinggal di samping kanan kiri dan di depan unit Anda. Lebih baik lagi jika Anda bisa mengenal penghuni lain di blok yang sama. 

#2. Bersikaplah ramah. Tentu Anda tak perlu mengenal akrab para tetangga Anda, namun sapaan kecil tetap diperlukan untuk menjalin hubungan baik. Apalagi jika blok  yang Anda tempati telah padat dihuni, rasanya akan sulit mengingat nama-nama orang yang jarang Anda temui. Namun dengan rajin menyapa, setidaknya Anda sudah membuka diri pada mereka.

#3.  Tenggang Rasa. Memarkir kendaraan pada garasi atau depan rumah Anda sendiri. Jika terpaksa memarkir di depan rumah tetangga, minta maaf dan izin terlebih dahulu. Tentu orang akan lebih menghargai jika Anda meminta izin sebelum ditegur karena mengganggu jalan orang. 

Mengobrol atau tertawa dengan suara keras sebaiknya juga dihindari, terutama di jam-jam istirahat. Anda juga harus menjaga volume suara televisi atau musik yang Anda putar.

Hindari untuk memacu kendaraan saat datang dan pergi. terutama jika Anda pergi di pagi hari saat matahari belum terbit atau pulang tengah malam karena mungkin tetangga Anda membutuhkan istirahat.

#4. Jagalah kebersihan bagian luar unit Anda. Jangan biarkan sampah berserakan sehingga mengotori jalanan di sekitarnya.

#5. Meski punya kewenangan penuh atas unit rumah Anda, sebaiknya Anda tidak membiarkan teman/keluarga menginap sendirian di sana. Laporkan tamu yang menginap kepada ketua RT sebagai wujud tanggung jawab sebagai warga yang baik. 

#6. Jika Anda akan mengadakan pesta kecil dengan mengundang teman-teman datang ke rumah Anda, jagalah  suara agar tidak mengganggu ketenangan tetangga Anda.

Sedikit butir etika bertetangga di atas, baru sebagian kecil dari upaya untuk membangun lingkungan komplek yang layak huni, aman, nyaman dan bersahabat. Ayo, mulai dari diri sendiri, kita menjadi tetangga yang baik!




Diadaptasi dari artikel dari Cleo.co.id

0 komentar:

Posting Komentar